Walikota Minta SMA Ikuti Jejak SMA Tamansiswa

Mojokerto (Realitamasyarakat) – Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus kaget dan bangga tak kala SMA Tamansiswa satu-satunya sekolah SMA mempunyai Bursa Kerja Khusus (BKK), hal ini disampaikan pada saat digelar acara pembukaan penyelenggara Job Fair Mini, di SMA Tamansiswa, jalan Tamansiswa, kota Mojokerto. Jumat (10/2).

“Saya mengapresiasi adanya BKK di SMA Taman Siswa. SMA Taman Siswa merupakan satu-satunya SMA yang memiliki BKK secara resmi , biasanya SMK yang memiliki BKK. Makanya patut diapresiasi dalam upaya menekan pengangguran,” ujar Wali Kota dalam sambutannya membuka Mini Job Fair.

Menurut Wali Kota, di Kota Mojokerto sudah ada tujuh sekolah yang memiliki BKK secara resmi. Dari tujuh BKK itu, enam BKK SMK (Sekolah Menengah Keguruan) dan satu BKK SMA, yakni SMA Taman Siswa. “Jadi SMA Taman Siswa ini merupakan satu-satunya SMA yang memiliki BKK,” tandasnya lagi.

Tidak semua siswa yang sekolah di SMA melanjutkan study ke jenjang perguruan tinggi. Mereka yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi tentunya membutuhkan pekerjaan. “Nah melalui BKK ini mereka perlu mendapatkan informasi tentang lowongan kerja dan akhirnya mendapatkan tempat bekerja,” katanya.

BKK di sekolah-sekolah sangat membantu lulusan SMA dan SMK dalam rangka mendapatkan pekerjaan. Dengan demikian BKK sangat membantu menekan angka pengangguran. “Untuk itu saya berharap semua sekolah SMA mengikuti jejak SMA Taman Siswa sehingga lulusan sekolah di Kota Mojokerto mendapat informasi dan tempat bekerja,” harapnya.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja Kota Mojokerto Hariyanto mengatakan, Mini Job Fair kali ini merupakan kali ke dua. Job Fair tahun lalu digelar di SMKN 1 Kota Mojokerto. “Job Fair kali ini diikuti sepuluh perusahaan, dan lowongan pekerjaan yang tersedia sebanyak 700,” katanya.

Kota Mojokerto merupakan salah satu dari sembilan kabupaten/kota di Jawa Timur yang dipercaya Kementerian Tenaga Kerja menyelenggarakan Mini Job Fair. “Selain Mini Job Fair, nantinya pemerintah kota juga akan mengadakan job fair tersendiri yang terbuka untuk umum,” pungkasnya.
(Gon)

Pilih untuk berbagi : Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on Google+Print this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>