Industri Kecil Maju, Masyarakat Sejahtera

img_20161119_9423

Mojokerto (Realitamasyarakat) – Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus Jumat (18/11) hadir dalam acara Gelar Kriya Pesona Kota Mojokerto tahun 2016 di Sunrise Mall Jalan Benteng Pancasila Kota Mojokerto. Kegiatan yang diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Mojokerto ini dibuka oleh Wakil Ketua Umum Dekranasda Provinsi Jawa Timur Fatma Saifullah Yusuf.

Siti Amsah Mas’ud Yunus, Ketua Dekranasda Kota Mojokerto turut mendampingi Wali Kota bersama jajaran Forkopimda, Sekdakot Mas Agoes, jajaran Kepala SKPD Provinsi Jawa Timur, Ketua DPRD, Kepala Diskoperindag, Kepala SKPD, Camat dan Lurah se-Kota Mojokerto.

Gelar Kriya Pesona Kota Mojokerto tahun 2016 yang merupakan gelaran pertama ini diikuti puluhan peserta pameran yang sebagian besar adalah pengrajin Kota Mojokerto akan berlangsung selama tiga hari hingga Minggu (20/11). Masyarakat dapat hadir untuk menyemarakkan acara ini sekaligus membeli produk khas dari warga Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk menggarap pemerataan ekonomi adalah dari sektor UKM, IKM serta Koperasi. Wali Kota menyebutkan ada tiga permasalahan besar yang harus dihadapi untuk sektor tersebut. “Yaitu masalah permodalan, terlebih untuk menghadapi MEA, kita dukung permodalah UKM dan IKM dengan program pembiayaan usaha syariah. Dengan menyediakan modal tanpa bunga, tanpa biaya asuransi dan tanpa biaya administrasi,” tuturnya.

Yang kedua yaitu masalah manajemen. Kota Mojokerto telah bekerja sama dengan JAICA dari Jepang yang menggarap brand produk UKM dan IKM Kota Mojokerto. Yang ketiga adalah masalah pemasaran. “Boleh dikatakan kalau beli sepatu di luar kota, di luar jawa ataupun di luar negeri ini hampir seluruhnya adalah produk Kota Mojokerto. Karena di Kota Mojokerto ada tiga kampung sepatu yaitu Prajuritkulon, Surodinawan dan Miji,” serunya. Demikian pula industri cor, batik, prahu layar dan kerajinan lainnya.

“Semangat inilah yang membuat industri di Kota Mojokerto terus berkembang dan hari ini kita semua bisa mengikuti dan menyaksikan acara ini. Mudah-mudahan acara ini dapat memberikan kemajuan dan mengembangnya UKM dan IKM di Kota Mojokerto,” urainya.

Sementara itu Fatma Saifullah Yusuf, Wakil Ketua Umum Dekranasda Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan bahwa kita harus mencintai dan membeli produk dalam negeri, produk dari masyarakat kita sendiri. “Hal ini untuk mewujudkan kedaulatan ekonomi yang akan mengantarkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Acara dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Fatma Saifullah Yusuf. Kemudian Wakil Ketua Umum Dekranasda Provinsi Jawa Timur tersebut bersama Wali Kota Mojokerto, Ketua Dekranasda Kota Mojokerto meninjau puluhan stan.

Kegiatan selama tiga hari ini juga diisi oleh beberapa agenda. Yaitu pada hari Jumat lomba mewarnai tingkat TK dan lomba menggambar tingkat SD, Nge-jam bareng pelajar se-Kota Mojokerto pada malam harinya. Kemudian pada Sabtu diselenggarakan lomba ajang top model batik Kota Mojoketo dan pada hari Minggu diadakan acara lomba tari kreasi se-Kota Mojokerto.

(kha/Gon)

Pilih untuk berbagi : Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on Google+Print this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>