Dinkes Temukan Mamin Tak Layak Konsumsi

          IMG_20150630_132619

          Mojokerto Realita, Dinas Kesehatan Kota Mojokerto menyita puluhan makanan dan minuman (mamin) kemasan serta bumbu dapur siap masak dalam razia di sejumlah swayalan, (30/6) kemarin. Selain kadaluarsa, mamim tersebut kemasannya rusak dan serta diketemukan tidak memiliki ijin edar.
Kepala Dinkes Kota Mojokerto, Cristiana Indah Wahyu, mengatakan sidak di gelar untuk mengantisipasi beredarnya makanan dan minunan kadalursa dan  kemasan rusak. Terutama menjelang lebaran banyak kemasan parsel yang isinya sudah kadaluarsa. “Jelang lebaran banyak dimanfaatkan konsumen nakal yang ingin mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dengan menjual mamin yang sudah tidak layak edar.,” ujar Indah.
Lebih lanjut dikatakannya, saat  sidak tim dari dinkes menumukan beberapa minuman kaleng yang sudah rusak kemasannya. Oleh petugas minumn kaleng berupa susu di mankan oleh petugas. Dari hasil sidak ada 24 jenis makanan yang berhasil di tarik oleh dinkes. Dari jumlah tersebut ada 13 kadaluarsa, 8 kemasan rusak dan sisanya tidk sesuai dengan label. “Kita telah  mencek tanggal kadar­luarsanya, kualitas barang, dan izin edar,”ujar Indah.
Jumlah makanan tak layak konsumsi menurut Indah jumlahnya selalu ada peningkatan setiap tahunnya. Hal ini lebih disebakan banyak produsen baru yang kurang memperhatikan kesehatan masyarakat.” Selalu ada temuan produk baru yang melanggar aturan.” terangnya.
Untuk menghindari makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi, Indah mengi­mbau masyarakat yang akan membeli parsel untuk melihat semua ba­rang-barang yang terdapat didalam parsel tersebut. “Masyarakat yang akan membeli parcel sebaiknya berhati-hati dengan cara mencek dulu. Jangan sampai membeli parsel yang tidak layak,”paparnya..
Selain melakukan himbauan terhadap konsumen, Dinkes juga menghimbau pada produsen parsel  untuk tidak. menjual barang-barang yang tidak layak komsumsi seperti sudah kadarluarsa atau masa edarnya yang tidak ada. ” Saat ini masyarakat sangat pintar untuk memilih mamin yang layak konsumsi,”tukasnya. (Yep)

Pilih untuk berbagi : Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on Google+Print this page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>